Rabu, 28 Juli 2010

Potensi Tenaga Air di Indonesia 1


http://inimare.files.wordpress.com

Negara Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke menyimpan banyak potensi. Salah satu potensi yang patut untuk dikembangkan adalah tenaga air. Dua per tiga bagian Indonesia merupakan lautan sehingga memberikan banyak awan hujan di area daratnya.
Sayang, akan tetapi karena penataan area yang kurang baik sering mengakibatkan banjir di musim penghujan dan kekeringan di kemaraunya. Tetapi di tulisan ini saya tidak membahas mengenai hal tersebut.
Membaca berita di www.detik.com mengenai Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Cikatomas di Bogor. Dengan daya generator sebesar 6000 Watt (6kWH) secara matematis dapat melayani 13 KK (dengan daya per KK sebesar 450 Watt. Mungkin tidak begitu fantastis jumlahnya tetapi energi air yang terdiri dari debit dan ketinggian dapat dibuat beberapa PLTMH pada satu jalur sungai. Apabila kita lihat di peta, berapa panjang sungai di Indonesia, sangat besar potensi yang bisa dimanfaatkan. Apalagi sungai sungai di daerah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua (selain Pulau Jawa) yang masih memiliki Daerah Aliran Sungai yang "handal". Handal dalam artian dapat diharapkan besar debit minimum sepanjang tahun.

2 komentar: