Rabu, 26 Oktober 2011

Teknologi atau kecurangan ... (quick office)

Judul tulisan seperti menjudge seseorang ya... padahal orang itu adalah saya sendiri. Saya memiliki kedua barang ini :



Masalah timbul ketika musim ujian datang (status = mahasiswa tua :D :D :D), saya lebih memilih menyelesaikan perhitungan menggunakan E71 dibandingkan dengan classpad 300. Beberapa kali mendapat teguran dari penjaga ujian dikarenakan tidak boleh menggunakan alat komunikasi berbentuk apapun, dan pernah satu saat saya benar-benar tidak boleh menggunakan hp kemudian dipinjami dengan kalkulator malah jadinya waktu hilang untuk mencari-cari tombol (dan bahkan tombol yang dicari tidak ketemu.. Hahaha). Sejak saat itu sebelum ujian saya copot simcard dari hp sehingga hp dalam kondisi flight mode (masih bisa dengan bluetooth sih, tapi g dipakai koq).

Beberapa alasan mengapa saya lebih suka menggunakan hp daripada kalkulator :

  1. Hp selalu dibawa kemana saja (melebihi istri, hee) jadi resiko lupa membawa kalkulator saat ujian dapat diminimalisir.
  2. Aplikasi yang saya gunakan bukanlah "kalkulator" melainkan excel dalam quick office (jumlah perhitungan yang "tidak terbatas" sangat membantu
  3. Saya dapat menggunakan fasilitas copy paste untuk rumus-rumus yang sama atau serupa, di classpad dapat menggunakan fasilitas "list" untuk menyelesaikan masalah seperti ini
  4. Classpad menggunakan interface touchsreen yang membuat input data menjadi lama sedangkan E71 dilengkapi dengan keyboard qwerty yang sangat memudahkan
  5. Saya tidak pernah menulis formula di rumah untuk kemudian dipakai saat ujian, rumus-rumus saya buat saat ujian juga.


Dengan beberapa kelebihan tersebut saya prefer menggunakan E71, walaupun banyak juga kelemahannya antara lain :

  1. Excel dalam quick office saya tidak stabil (sering close sendiri) jadi sering menyimpan harus dilakukan
  2. tidak ada fasilitas penyelesaian masalah matrix (pada saat ujian matrix diselesaikan dengan Gauss Jordan dan membutuhkan waktu yang lama...)
  3. Fungsi-fungsi yang tersedia adalah basic function dan beberapa statistik dasar.
  4. Jari jadi pegel karena mencet-mencet trus selama 1,5 - 2 jam di tombol yang kecil


Ada satu keinginan saya yang hingga kini belum kesampaian... pengen beli keyboard bluetooth biar ngetiknya lebih cepet lagi, terutama saat bekerja dengan .doc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar