Rabu, 04 November 2009

Manfaat Kopi


Bagi sebagian orang kebiasaan minum kopi adalah suatu kenikmatan tersendiri.

Pagi hari saat membaca koran, minum kopi dapat menjadi teman yang menyenangkan. Dan saat bekerja di malam hari minum kopi dipercaya dapat mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan konsentrasi.


Sebenarnya apa yang terkandung dalam kopi itu??
Biji kopi mengandung zat yang bernama kafein, pertama kali diekstrasi dari kopi pada tahun 1821, adalah alkaloid, merupakan senyawa trimethylxanthine, bekerja mirip amphetamines dengan efek sedang yang menurut Linder, penulis buku Nutritional Biochemistry and Metabolism, berperan melalui penghambatan fosdodistere, menyebabkan peningkatan level cyclic-nucleotida, yang selanjutnya memengaruhi sistem saraf pusat.

Sejumlah besar bukti ilmiah menunjukkan bahwa minum kopi secara moderat atau tak berlebihan (sebagian menyatakan bahwa yang moderat itu adalah sekitar 3-5 cangkir per hari, sebagian yang lain 2 cangkir per hari), dapat mengurangi risiko beberapa jenis penyakit, antara lain: penyakit diabetes, kardiovaskuler, jantung koroner, dan dapat memperbaiki kualitas sperma pada laki-laki.

Tetapi bagi penderita penyakit jantung, dan bagi ibu hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi, karena dalam kopi terdapat kurang lebih 800 senyawa yang hingga saat ini masih diteliti pengaruhnya bagi tubuh. 
=D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar