Selasa, 10 November 2009

Memilih Netbook

Perkembangan IT yang semakin pesat memberikan lebih banyak penawaran barang elektronik kepada konsumen. Salah satu yang sekarang sedang berkembang adalah komputer jinjing versi netbook. Netbook adalah komputer personal yang mempunyai desain kecil sehingga mudah dibawa (portabel), yang dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan kerja dan hiburan sehari-hari. Harga yang ditawarkan untuk sebuah netbook adalah berkisar 4 juta, yang tentunya sangat menarik bagi orang yang berminat memiliki sebuah komputer sendiri. Mengingat harganya yang tidak terpaut jauh dengan harga komputer dekstop.


Semakin banyak pilihan yang ditawarkan oleh vendor-vendor elektronik ternama ataupun vendor lokal terkadang membuat konsumen menjadi bingung untuk menentukan pilihannya. Adapun secara pribadi fungsi netbook yang penting bagi saya adalah :
1. Ketahanan Baterai
2. Konektivitas (Wifi dan bluetooth)
3. Kemampuan prosesor
4. Ketersediaan Harddisk
5. Desain yang menarik

Ketahanan baterai saya posisikan paling atas mengingat fungsi utama dari netbook yaitu portablitasnya, sehingga tidak kwatir bila dibawa beperrgian tanpa perlu membawa charger. Kemudian Wifi, Wifi adalah perangkat wajib menurut saya yang harus ada dalam netbook, mengingat semakin banyaknya tempat umum yang menyediakan free hotspot yang bisa kita manfaatkan untuk berselancar di dunia maya.


Seluruh kegiatan dari komputer akan lebih baik apabila ditunjang dengan prosesor dengan kemampuan yang mumpuni, untuk sekedar membuka dan mengedit presentasi hingga memainkan game. Secara umum semakin cepat prosesor dan teknologi tinggi semakin bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar