Selasa, 25 Oktober 2011

Membuat file comma delimited atau space delimited dari excel

Beberapa software untuk membuat kontur membutuhkan input berupa data X, Y dan Z dalam format tertentu, contoh .xyz untuk software SMS dan .csv untuk software surfer. Berikut akan disampaikan urutan pembuatan file tersebut. Untuk keduanya kurang lebih caranya sama, hanya pada save as nya saja yang membedakan.

Langkah pertama

Ketikkan di baris pertama sebagai judul yaitu X di kolom A pada excel, Y di kolom B dan Z pada kolom C. Ketiganya ini harus urut, karena software membaca kolom pertama sebagai X dan selanjutnya.


Langkah kedua

Save as file tersebut sebagai file .csv (comma delimited), yang perlu diperhatikan bahwa extensi .csv tidak mendukung lebih dari 1 sheet dalam excel. Sehingga hanya sheet 1 (yang terbuka) yang akan disimpan. Klik ok untuk menyimpan.

Langkah ketiga

Untuk membuka file tersebut dapat menggunakan notepad. Apabila berhasil maka hasil yang didapatkan adalah X,Y,Z (comma delimited) atau X Y Z (space delimited). Untuk extensi yang lain tinggal dirubah saja ektensinya setelah mengaktifkan tools>folder options>view>hide extensions for known files (uncheck).

Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar