Minggu, 13 Desember 2009

Catatan pengeluaran bulanan

Manajemen keuangan apakah hanya untuk orang-orang dengan pendapatan yang besar..?
Pertanyaan itu sering menggelayut dalam pikiran saya
dan setelah saya pikir-pikir hal tersebut kurang benar. Kenapa, untuk orang-orang dengan pendapatan pas-pasan malahan mengharuskan kita benar-benar mengetahui pos-pos mana yang wajib dipenuhi terlebih dahulu. Dalam artian pentingnya membuat suatu prioritas yang runtut sehingga semua kebutuhan pokok yang benar-benar penting dapat terpenuhi.
Pos-pos tersebut menurut saya adalah :
biaya makan, biaya tempat tinggal
biaya pendidikan anak dan biaya untuk sandang
Untuk barang-barang yang tidak terlalu pokok dapat dikurangi, untuk memenuhi kebutuhan pokok terlebih dahulu.

Yang menjadi masalah dan itu juga terjadi pada diri saya adalah menahan keinginan untuk tidak melakukan transaksi terhadap kebutuhan-kebutuhan sekunder. Seperti ganti handpone untuk mengikuti trend, membeli baju baru sedangkan stok baju lama yang masih bisa dipakai masih banyak.

Menurut saya untuk setiap bulannya perlu dibuat daftar tertulis mengenai rencana pengeluaran dalam sebulan, jangan lupa menyisihkan sebagian untuk hal yang tidak terduga. Kemudian tempet catatan tersebut ke dinding hingga setiap waktu dapat mengingatkan kita apabila akan menggunakan uang tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar